Jumat, 20 September 2013

Daun Lengkap dan Daun Tidak Lengkap

Daun merupakan tempat proses fotosintesis sehingga pada umumnya pipih dan melebar. Daun lengkap terdiri dari bagian pelepah daun (vagina), tangkai daun(petiolus) dan helai daun(lamina). Jika tidak mempunyai salah satu atau kedua bagian tersebut maka di sebut daun tidak lengkap. Berikut beberapa contoh jenis daun lengkap dan tidak lengkap
 Daun keladi (Caladium)
Keladi merupakan jenis daun lengkap karena keladi memili pelepah, tangkai dan helaian daun.





Daun Rumput Malela (Brachiaria mutica)
Rumput Malela merupakan jenis daun lengkap karena memiliki pelepah, tangkai dan helaian daun.
 Daun Kunyit (Curcuma longa)
Kunyit merupakan jenis daun lengkap karena memiliki pelepah, tangkai dan helaian daun.
 Daun Jeruk Purut (Citrus × hystrix DC)
Daun jeruk Purut merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.





Daun Mangga (Mangifera indica L)
Daun mangga merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.
 Daun Rambutan (N. lappaceum)
Daun rambutan merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.
 Daun Nangka (Artocarpus integra)
Daun nangka merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.
 Daun Serai (C. citratus)
Daun Serai merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki upih/pelepah daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun berupih/berpelepah.
Daun Paku (Pteridophyta)
Paku merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.
 Daun Putri Malu (M. pudica)
Daun Putri malumerupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.



Sekian posting mengenai contoh daun lengkap dan tidak lengkap dari saya, semoga bermanfaat ^_^

6 komentar: